Tuesday 16 January 2018

Joule Thief - Rangkaian Penaik Tegangan (Bag. 1)

A. Intermezzo
Hukum Alam menyatakan energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, hanya dapat berubah bentuk. Bunyi Hukum itu adalah bunyi hukum thermodinamika 1, atau Energy conservation law, atau hukum kekalan energi. Artinya, tidak mungkin akan muncul energi listrik, tanpa ada sumber energi utamanya.

Joule Thief, seperti banyak orang tahu adalah rangkaian yang dapat menaikan tegangan listrik DC, dari tegangan baterai yang berkisar 1,2 Volt hingga 3,7 Volt, di hubungkan dengan sirkuit JT, tegangan bisa dinaikan 12 Volt bahkan hingga ratusan atau ribuan Volt. Ini sangat menarik, bagaimana caranya kok bisa tegangan bisa dinaikan jauh lebih tinggi dari tegangan baterai. Namun yang perlu di ketahui, daya (watt) atau energi dari baterai tidak akan menjadi lebih besar dari outputnya. Jadi tegangan output bisa naik, tapi daya nya bahkan bisa lebih rendah dari daya baterai. Daya (watt) merupakan kalkulasi dari Tegangan (Volt) dikalikan dengan arus (ampere).

Contoh aplikasi JT, yang diterapkan di produk-produk yang ada dipasaran adalah raket nyamuk, lampu senter, Lampu Hemat Energi/ LHE. dari tegangan baterai yang cukup rendah, bisa dinaikan menjadi sangat tinggi, bahkan listriknya bisa menyengat manusia.

B. Cara Kerja
Prinsip kerja JT, seperti Boost converter, jadi menaikan tegangan dengan mengandalkan switch ON OFF (peran transistor), dan selain itu tentu saja, membutuhkan coil atau induktor.
Berikut contoh skema rangkaian penaik tegangan dari JT.

No comments:

Post a Comment